Skip to content

Program studi arsitektur fakultas teknik universitas borobudur terpilih sebagai penerima hibah program bantuan pembelajaran daring kolaboratif (pdk) tahun 2024 dari kemdikbudristek dan akan berkolaborasi dengan prodi arsitektur universitas medan area

Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Borobudur berhasil mendapatkan Hibah Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif Tahun 2024 berdasarkan pengumuman resmi melalui surat bernomor 3924/E2/DT.00.02/2024 yang diterbitkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang dapat diakses di laman http://dikti.go.id/pengumuman/pembelajaran-dan-kemahasiswaan/pengumuman-penerima-program-bantuan-pembelajaran-daring-kolaboratif-tahun-2024/.

Sistematika penulisan proposal dan ketentuan lainnya merujuk pada Panduan Program Bantuan PDK Tahun 2024 disosialisasikan pada tanggal 5 maret 2024 dan tersimpan di link youtube berikut https://www.youtube.com/watch?v=6B3AK6N95cU. Proposal PDK 2024 diunggah oleh tim penyusun proposal prodi arsitektur pada tanggal 5 april 2024, lalu ketua tim penyusun proposal hibah pdk 2024 yaitu Ibu Aryani Widyakusuma, S.Ars., M.Ars. mendapat undangan untuk menghadiri workshop pra seleksi proposal hibah PDK 2024 pada tanggal 22 april 2024 di kampus Universitas Pelita Harapan Tangerang oleh Direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan, Direktorat jenderal pendidikan tinggi, riset, dan teknologi Kemdikbudristek Republik Indonesia. Pengumuman Penerima Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif Tahun 2024 dipublikasikan di laman http://dikti.go.id pada tanggal 4 juni 2024. Seluruh tim perancang proposal bersuka cita atas pengumuman ini. Lanjutan program ini adalah melaksanakan pembelajaran daring kolaboratif bersama prodi arsitektur Universitas Medan Area yang nantinya akan menghasilkan luaran produk inovatif.

Sementara itu Rektor Universitas Borobudur Prof. Ir. Bambang Bernanthos, M.Sc. menyampaikan selamat dan sukses kepada program studi arsitektur Fakultas Teknik Universitas Borobudur yang berhasil lolos dalam hibah kompetitif ini sehingga melalui program hibah ini bisa memastikan bahwa fasilitas Learning Management System yang telah ada pada Universitas Borobudur pada masa pengajuan proposal hibah pdk 2024 yaitu https://elearning.borobudur.ac.id/ dan kini sudah beralih ke https://edlink.id/login sudah memenuhi standar untuk pelaksanaan perkuliahan secara daring. Selain itu lolosnya prodi arsitektur dalam hibah program bantuan PDK 2024 juga membuktikan bahwa Universitas Borobudur selalu berkomitmen dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam melaksanakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk mencetak lulusan yang menguasai keterampilan dunia kerja sesuai revolusi industri 4.0. Program ini sangat baik dalam meningkatkan pembelajaran daring yang efektif, mahasiswa bisa menyerap ilmu dengan baik, mengasah skill dan mampu menghasilkan luaran yang inovatif.

Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK) sendiri merupakan salah satu bagian dari pendukung kebijakan Kemendikbudristek terkait MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). PDK dimaksudkan untuk memberikan stimulasi bagi perguruan tinggi untuk melakukan inovasi pembelajaran guna menyongsong era industri 4.0 dengan tujuan menjadikan pembelajaran lebih menarik serta tepat sasaran sehingga mahasiswa dapat mengakses dengan mudah. Program bantuan ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring melalui kolaborasi dan inovasi teknologi pendidikan. Dengan dukungan penuh dalam bentuk bimbingan teknis dan pendanaan, Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Borobudur akan mengembangkan kurikulum Outcome Based Education yang lebih adaptif dan relevan, guna menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang unggul. Pelaksanaan program PDK rencananya akan segera dimulai dan dilaksanakan selama semester gasal tahun ajaran 2024/2025.

PDK juga merupakan jawaban dari permasalahan yang pernah terjadi di Indonesia, yaitu saat pandemi Covid-19 yang menyebabkan pembelajaran tatap muka dihentikan sementara waktu dan digantikan dengan sistem pembelajaran dalam jaringan/ online. PDK ini merupakan implikasi teknis munculnya Content Management System (CMS), Learning Management System (LMS), Media Sosial, dan Teknologi Koresponden sebagai teknologi belajar dan pembelajaran. Pengembangan PDK juga menjadi salah satu upaya untuk penguatan kapasitas institusi dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi, khususnya IKU 7 untuk pengembangan mata kuliah yang menerapkan pendekatan pemecahan kasus (case method) atau project-based learning. Kontribusi dalam pencapaian IKU akan mendukung lembaga pendidikan tinggi untuk memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap perubahan zaman, lebih berdampak langsung bagi masyarakat, serta mampu mencapai standar Perguruan Tinggi internasional.