Akademik
Evaluasi & Penilaian
Evaluasi pembelajaran bagi mahasiswa dilaksanakan oleh setiap dosen secara terstruktur se-suai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Universitas Borobudur. Berbagai jenis evaluasi digunakan oleh dosen untuk mengukur daya serap perkuliahan, atau tingkat penguasaan ma-teri ajar oleh mahasiswa. Pada umumnya evaluasi pembelajaran dilaksanakan secara tertulis; namun, untuk mata kuliah tertentu evaluasinya menggunakan paper, presentasi lisan, karya nyata, atau lainnya.
Terdapat tiga macam evaluasi yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen dalam mengelola perkuliahan yang dilaksanakan dalam bentuk tes; yaitu, tes formatif, tes tengah semester, dan tes akhir semester.
- Tes formatif: dilaksanakan setelah setiap pokok bahasan selesai dibahas dan difungsikan un-tuk mengetahui apakah pokok bahasan tersebut bisa diserap oleh mahasiswa.
- Tes tengah semester: dilaksanakan pada pertengahan semester untuk melihat keefektifan metode mengajar yang digunakan dosen dalam paruh semester awal. Tes tengah semester dalam beberapa hal difungsikan untuk menilai kemampauan mahasiswa terhadap separuh awal materi yang diajarkan oleh dosen.
- Tes akhir semester: dilaksanakan pada akhir semester untuk melihat penguasaan mahasiswa terhadap materi ajar secara menyeluruh.
Di samping melaksanakan kegiatan tes, setiap dosen juga memberikan penilaian kemajuan dan keberhasilan mahasiswa secara mandiri. Unsur penilaian yang dipertimbangkan oleh dosen adalah keaktifan kegiatan mahasiswa dalam proses perkuliahan dan hasil tes yang dilaksanakan oleh dosen. Unsur dan pembobotan kegiatan mahasiswa dalam penilaian keberhasilan pembelajaran adalah:
Kehadiran mahasiswa : 10% Tugas mandiri, kelompok maupun diskusi : 20% Ujian tengah semester : 20% Ujian akhir semester : 50% Nilai hasil belajar diperoleh melalui konversi nilai kuantitatif (angka) menjadi nilai kualitatif (A-E) dengan kriteria Penilaian Acuan Patokan (PAP) sebagai berikut:
PAP HURUF MUTU BOBOT Nilai > 80 A 4 69<Nilai<79 B 3 56<Nilai<68 C 2 46<Nilai<55 D 1 Nilai<45 E 0 Sementara itu, prestasi belajar mahasiswa secara kualitatif dinyatakan dalam Indeks Prestasi (IP) akademik. Kualitas prestasi belajar semester ditandai Indeks Prestasi Semester (IPS) dan kualitas prestasi belajar mahasiswa secara total disebut dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Indeks prestasi (IP) akademik dihitung dengan rumus:
dimana,
K : kredit sks masing-masing mata kuliah N : bobot nilai masing-masing mata kuliah